Categories
Resep

Resep, Ini Cara Membuat Mash Potato Dengan Mudah

Cara Membuat Mash Potato Resep – Apakah Anda penggemar mashed potato? Mashed potato atau kentang tumbuk merupakan menu yang berasal dari luar negeri dan biasanya disajikan bersama steak. Dalam sejarahnya, orang yang pertama kali memperkenalkan mashed potato bernama Hannah Glasse pada tahun 1747. Bahan dasar untuk membuat mash potato resep adalah kentang.

Mashed potato biasa dikonsumsi dengan beberapa bahan tambahan seperti saus jamur, keju, brokoli dan aneka rempah – rempah. Selain menjadi pendamping makan steak, mashed potato juga cocok bagi orang yang sedang melakukan program diet.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Catering Berkualitas

Mashed potato kurang begitu populer di Indonesia karena sebagian besar orang Indonesia lebih suka mengonsumsi nasi. Biasanya mashed potato ini banyak dijumpai di restoran dan dijual dalam bentuk instan di swalayan. Namun makanan ini cukup terkenal bagi para pelaku diet untuk menggantikan nasi.

Dalam pengolahannya, mashed potato dicampur dengan keju dan krim agar menghasilkan rasa yang gurih dan lembut. Kebanyakan orang menyukai mashed potato karena cita rasanya yang gurih dan tampilannya yang menggugah selera. Mashed potato dapat dijadikan sebagai menu sarapan ataupun sebagai taburan daging asap.

Ada 2 cara untuk menghaluskan mashed potato agar menghasilkan hasil yang maksimal yaitu dengan menggunakan potato ricer dan potato masher. Potato ricer terbuat dari stainless steel berbentuk seperti mangkuk dengan lubang yang banyak.

Cara penggunaannya cukup mudah hanya dengan memasukkan kentang yang sudah matang kedalam mangkuk dan alat penekan diturunkan sampai membuat kentang hancur. Meghaluskan kentang dengan menggunakan potato ricer akan menghasilkan kentang yang lebih lembut, berpori, ringan, tidak basah serta tidak menggumpal.

Potato masher merupakan alat penumbuk kentang yang memiliki tangkai dengan bagian dasar alat berbentuk lempengan besi yang ditekuk membentuk pola. Penggunaannya cukup masukkan kentang ke dalam wadah dan tumbukkan kentang menggunakan potato masher.

Perhatikah Hal Ini Jika Membuat Mash Potato

Cara membuat mashed potato memanglah mudah, namun jika Anda ingin membuat resep mashed potato yang memiliki cita rasa gurih dan creamy Anda perlu memperhatikan hal – hal berikut:

– Jangan salah dalam memilih kentang

Biasanya kentang yang digunakan dalam mash potato resep adalah kentang yang mempunyai kadar pati tinggi, tidak lembek dan berair saat dihaluskan. Umumnya kentang tes atau kentang yang bertekstur daging kenyal yang dipilih para koki dalam resep mashed potato. Kenapa kentang yang muda tidak dipilih? Karena biasanya kentang yang masih muda cenderung memiliki daging dan empuk dan lembek sehingga akan berair saat ditumbuk.

– Jangan sampai lupa memberi garam

Mungkin hal ini terlihat sepele, namun jika Anda lupa memberi garam saat membuat mashed potato mengakibatkan mashed potato akan terasa hambar.

– Jangan gunakan air yang terlalu panas

Yang perlu Anda perhatikan dalam resep mashed potato, ketika mencampurkan adonan jangan gunakan air yang terlalu panas. Pasalnya air yang teralu panas akan menyebabkan kentang matang secara tidak merata. Jika kentang matang tidak merata, maka akan menyulitkan Anda saat menghaluskannya.

– Penambahan cream dan butter yang terlalu dingin

Cream dan butter berperan dalam membuat cita rasa mashed potato menjadi gurih dan lezat. Cream dan butter yang terlalu dingin membuat kentang tidak dapat menyerap dengan baik yang mengakibatkan cita rasa cream butter pada mash potato resep akan hilang

– Jangan sampai overworking

Yang dimaksud overworking disini, pada saat menghaluskan kentang. Beberapa orang yang terlalu bersemangat menghaluskan kentang sampai benar – benar halus sekali. Padahal kentang yang terlalu halus dapat menghilangkan tekstur pati yang ada di dalamnya.

Bahan – bahan yang diperlukan untuk resep mashed potato diantaranya :

– 3 Buah kentang ukuran besar yang sudah dikupas dan dipotong menjadi 6 bagian

– 150 cc susu cair

– 1 Buah keju cheddar ( bisa diganti merk lain)

– 1 batang daun peterseli

– 2 Siung bawang putih yang diparut halus

– 1 lt kaldu ayam

– 2 sendok makan mayonaisse

– 3 sendok makan margarin

– Garam secukupnya

– Merica secukupnya

– Sedikit pala

Cara Membuat Mash Potato Rese pyang Bisa Dicoba Dirumah

1. Didihkan kaldu lalu rebus kentang di dalam air kaldu yang mendidih tadi hingga kentang matang. Angkat dan tiriskan.

2. Selanjutnya mashed kentang atau tumbuk kentang. Gunakan garpu untuk menghancurkan kentang hingga halus.

3. Panaskan margarin kemudian tumis bawang putih sampai harum.

4. Tambahkan susu cair, keju dan mayonaise kemudian aduk hingga rata.

5. Masukkan garam dan merica secukupnya. Tambahkan sedikit pala kemudian aduk hingga rata.

6. Tuangkan tumisan ke dalam adonan kentang sambil di aduk hingga rata.

7. Sajikan ke dalam mangkok kemudian taburi peterseli di atasnya.

Untuk penyajiannya, bisa ditambahkan keju parut, seledri maupun daging asap cincang. Sajikan mashed potato dalam keadaan masih hangat agar terasa lebih nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *