Categories
Rumah

Ketahui Dulu Proses Renovasi dengan Kontraktor Semarang CV Ratulangi Teknik

Ketahui Dulu Proses Renovasi dengan Kontraktor Semarang CV Ratulangi Teknik. Anda ingin menekan biaya untuk renovasi? Hal yang diperlukan adalah mengetahui proses kerjanya terlebih dahulu hingga Anda bisa menentukan di titik mana biaya itu akan ditekan. Menekan biaya bukan berarti mengirit semua biaya pengeluaran hingga sekecil-kecilnya. Bukan juga menghilangkan proses yang seharusnya dilakukan. Perlu diingat, rumah bukan sekadar tempat berteduh. Ada banyak faktor di dalam rumah, termasuk faktor keselamatan, yang tidak boleh diabaikan. Menekan biaya dapat dilakukan dengan mengoptimalkan semua proses yang ada selama pengerjaan renovasi. “Kalau bangun rumah, itu kelihatan prosesnya. Tapi kalau renovasi, tidak sepenuhnya terlihat. Misal, proses pembongkaran. Itu kan tidak terlihat di akhir pembangunan. Itu sih yang enggak disadari orang hingga pada akhirnya memunculkan pertanyaan, kenapa bisa membengkak?” ucap Wahyudi, kontraktor perumahan PT Selaras Bangun Persada. Agar biaya dapat ditekan, atau minimal sesuai perencanaan, inilah langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Merinci Kebutuhan Agar pengeluaran efektif, tentukan ruang apa yang dibutuhkan. Misalnya, ruang yang dibutuhkan adalah 2 ruang tidur anak dan 1 kamar mandi, ya ruang itu dulu yang diutamakan. Jangan berpikir untuk menambah ruang lainnya. Setelah dihitung dan ada dana lebih, baru berpikir menambah ruang lain. Int nya, jangan memaksakan semua ruang dibangun. Pilih yang paling dibutuhkan. Catatan Semakin luas ruang yang ingin diwujudkan, semakin besar dana yang akan Anda keluarkan. Itu prinsip yang perlu Anda pegang.

Menghitung Luasan Dari kebutuhan yang diperlukan, diketahui bahwa Anda menginginkan 2 ruang tidur anak dan 1 kamar mandi. Anda dapat mulai menekan biaya dari sini. Ingat, menekan biaya bukan berart harus membuat ruang sekecil-kecilnya. Prinsip yang harus Anda pegang adalah, buat ruang sesuai ukuran standar, tidak perlu membuat ruang terlalu luas. Untuk ruang tidur anak, ukurannya standar yang ideal adalah 3m x 3m, sementara kamar mandi ukuran standarnya adalah 1,5m x 1,5m . Buatlah ruang set daknya seukuran ini, kecuali Anda memang membutuhkan ruang tidur anak yang besar. Namun tentu saja, Anda harus bersiap merogoh kocek lebih. Total luas ruang tambahan (2 ruang tidur + 1 kamar mandi) = 2 x (3×3) m2 + 1x (1,5×1,5) m2 = 18m2 + 2,25m2 = 20,25m2. Catatan Luas ini dipast kan akan bertambah, lebih dari 20,25m2. Karena ini belum termasuk sirkulasi antar ruang. Besarnya sirkulasi bisa mencapai 20-40% dari total ruang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *