Categories
Rumah

Karawang Menuju Kota Metropolitan

Dulu, Karawang hanya dikenal sebagai kawasan penghasil padi terbesar kedua tingkat nasional. Kini, seiring dengan berkembangnya sektor industri, Karawang semakin bersinar. Pasokan lahan pertanian yang melimpah membuat kawasan ini dijuluki sebagai kota lumbung padi nasional. Puluhan tahun berlalu, namun julukan tersebut masih melekat erat pada kabupaten yang termasuk dalam provinsi Jawa Barat ini.

Baca juga : Distributor resmi genset 750 kva di Makassar

Tidak hanya itu, seiring dengan masuknya era industrialiasi, Karawang berkembang dari yang semula hanya bertumpu pada sektor pertanian menjadi kota industri yang dibanjiri dengan alatalat berat. Lahan industri yang sudah penuh di kawasan Bekasi dan Cikarang, membuat Karawang jadi sasaran kawasan industri. Hal ini ditengarai oleh posisi Karawang yang berada di antara Jakarta dan Cirebon dan dapat diakses melalui jalur tol Jakarta Cikampek.

Sektor industri yang berkembang pesat tentu saja menimbulkan dampak baru, yakni membludaknya populasi warga di kawasan ini. Badan Pusat Statistik (BPS) mencacat jumlah penduduk Karawang di tahun 2014 mengalami peningkatan bila dibandingkan tahun sebelumnya, yakni dari 2.225.357 jiwa menjadi 2.250.120. Peningkatan jumlah penduduk ini rupanya melahirkan peluang baru bagi para penggiat properti.

Bagi mereka, Karawang merupakan sebuah “permata” yang menyimpan sejuta pesona. Daniel Handojo, Associate Executive Director Century 21 Indonesia, pun memberikan tanda setuju terkait potensi yang dimiliki Karawang. “Karawang merupakan salah satu sunrise area—kawasan baru dan berkembang yang memiliki masa depan cerah, seperti matahari baru bersinar— yang akan berkembang pesat,” ujar Daniel.

Berawal Dari Rumah Kecil

Perkembangan Karawang menuju kota metropolitan berawal sejak diputuskannya tempat ini sebagai kawasan industri yang kemudian melahirkan proyekproyek hunian kecil hingga menengah. Eddy Ganefo, Ketua Asoasiasi Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI), mengungkapkan Karawang merupakan salah satu kawasan yang sudah dijajaki APERSI. Ribuan rumah murah sudah terbangun di atas tanah Jawa Barat ini.

Rumah-rumah murah ini diperuntukkan bagi para pekerja industri di Karawang yang membutuhkan tempat tinggal layak huni. Seiring dengan terus bertambahnya populasi masyarakat di kawasan ini, APERSI pun akan terus menyediakan rumah-rumah murah yang layak huni bagi mereka. “Konsep kawasan industri yang melekat pada Karawang membuat geliat properti ikut berkembang,” ujar Eddy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *