Categories
Rumah

Karawang Menuju Kota Metropolitan Bagian 2

Kini, Karawang Barat Lebih Unggul

Kabupaten Karawang terbagi ke dalam dua wilayah, yakni Karawang Barat dan Karawang Timur. Di antara dua kawasan tersebut, Karawang Barat-lah yang mengalami perkembangan cukup pesat. Ferry Salanto, Associate Director Colliers Indonesia, mengungkapkan pada dasarnya kedua daeran ini mengalami perkembangan yang signifikan.

Baca juga : Distributor resmi genset 500 Kva di Surabaya

Hanya saja, jarak Karawang Barat yang lebih dekat dengan pusat kota Jakarta membuat Karawang Barat lebih diminati. “Suatu kawasan penunjang biasanya akan mengalami perkembangan bila letaknya dekat dengan pusat kota. Dalam kasus ini, Karawang Barat menjadi kawasan yang lebih dekat dengan Jakarta, sehingga pembangunan lebih banyak di kawasan ini.

Nantinya, Karawang Timur pun akan menyusul,” ujar Ferry. Salah satu pusat perkembangan area Karawang Barat yang terlihat secara signifikan adalah pembangunan di sepanjang Jalan Internasional Karawang Barat. Sebuah gapura bertuliskan “Selamat Datang di Kabupaten Karawang” berdiri tegak menyambut kedatangan kendaraan. Geliat properti di Karawang Barat pun sudah tampak terlihat. Tepat di pinggir jalan besar tersebut, pembangunan hotel dan apartemen mulai bermunculan. Wah, keren ya!

Kemajuan Di Jalan Bharata

Selain di sepanjang Jalan Internasional Karawang Barat, perkembangan juga terlihat di sepanjang Jalan Raya Perumnas hingga Jalan Bharata. Jalan Raya Perumnas tepat berada di dalam kompleks perumnas Karawang. Proyek apartemen dan rumah perumnas Sentraland milik pemerintah dibangun di sepanjang jalan ini.

Masuk lebih dalam, Anda akan menemui Jalan Bharata. Aroma mal dan fasilitas hiburan lainnya sudah mulai tercium di sepanjang jalan ini. Kawasan ini menyerupai Gading Serpong atau Alam Sutera yang terletak di Tangerang, Banten. Kawasan Jalan Bharata dikuasai oleh PT Galuh Citarum yang membangun kawasan residensial dan pusat hiburan serta komersil.

Pengembang lain yang turut menanamkan modal di kawasan ini adalah PT Cipta Graha Sejahtera lewat proyek hunian KGV dan Agung Podomoro Land (APL) lewat proyek Grand Taruma. Selain kompleks perumahan dan pusat hiburan, APL juga berencana untuk membangun kawasan industri bertaraf internasional, Podomoro Industrial Park (PIP) di atas lahan seluas 325Ha. Banjir proyek industri dan properti membuat harga tanah di kawasan ini mengalami peningkatan pesat yakni 10%-20%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *