Categories
Rumah

Apartemen Runtuh Siapa Yang Bertanggung Jawab

Segala musibah yang terjadi pada rumah tapak sepenuhnya adalah tanggung jawab pemilik rumah. Lalu bagaimana dengan apartemen? Siapa yang bertanggung jawab bila bangunannya runtuh? aFajar (34) berang ketika sebuah api dari kompor miliknya hampir saja melahap unit apartemen yang telah ditinggalinya selama 5 tahun.

Kekesalan Fajar bukan semata-mata karena kecelakaan yang ditimbulkan asisten rumah tangganya, tetapi pada alat smoke detector (pendeteksi asap) yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Untung saja, Fajar sigap mengatasi kecelakaan kecil tersebut. Bila ia lengah sedikit saja, dipastikan si jago merah sudah melahap habis unit apartemennya.

Tak hanya unit apartemennya yang ludes, Fajar tidak bisa membayangkan jika masalah kebakaran ini menjalar ke unit apartemen lainnya. Bisa saja ia kena makian tetangga kanan-kiri karena jelas-jelas sumber masalah datang dari unit apartemennya. Kekhawatiran tinggal di apartemen memang berkutat pada masalah musibah kebakaran dan bencana alam yang sewaktu-waktu datang dan meruntuhkan bangunan apartemen. Pertanyaannya, siapa yang akan menggantikan kerugian tersebut?

Pengembang Tak Ikut Campur

Menurut Yulius Setiarto, konsultan hukum Setiarto & Partner Law Firm, bila kasusnya hanya seputar masalah kerusakan pada alat keselamatan maka pihak yang bertanggung jawab adalah Perhimpunan Penghuni Apartemen (PPA) atau Paguyuban Penghuni Rumah Susun (PPRS). Pasalnya, setelah proses serah terima unit dilakukan, maka pihak pengembang wajib menyerahkan kepengurusan apartemen pada PPA/PPRS yang keanggotaannya ditunjuk melalui kesepakatan bersama.

Hal tersebut ditegaskan Very Y. Setiady, Executive Director Agung Podomoro Land. Ia mengatakan bahwa sebelum diserahkan sepenuhnya kepada pihak pengelola apartemen, biasanya pengembang akan menerapkan masa pemeliharan bangunan. Bila selama masa pemeliharaan tersebut terdapat kerusakan pada bangunan, maka hal itu masih menjadi tanggung jawab pengembang. Namun, bila tidak, PPA-lah yang wajib mengurus hal tersebut. Fungsi dan tugas PPA laiknya konsep Rukun Warga dan Rukun Tetangga yang ada di kompleks perumahan tapak, yakni mengurus dan mengelola kompleks apartemen.

Tinggal di sebuah apartemen tentunya sangat nyaman sekali, disaat ditempat lain terjadi pemadaman listrik, di apartemen telah dilengkapi sebuah genset. Harga genset yang murah untuk apartemen bisa dibeli melalui Distributor Jual Genset Bali yang memberikan harga diskon dan garansi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *