Categories
Rumah

Apartemen Runtuh Siapa Yang Bertanggung Jawab Bagian 2

Sehingga, bila smoke detector tak berfungsi atau saluran air pampat (mampat), maka penghuni tak perlu sungkan melaporkannya kepada pihak PPA. Toh, penghuni apartemen telah membayar iuran pemeliharan setiap bulannya.

Biaya Perawatan Dan Pemeliharaan Bangunan

Saat menghuni unit di kompleks apartemen, ada dua iuran rutin yang wajib dikeluarkan oleh pemilik apartemen, yakni service charge dan sinking fund. Iuran service charge meliputi biaya perawatan gedung, fasilitas umum, kebersihan, keamanan, dan taman. Iuran ini umumnya dihitung per meter persegi, dengan kisaran harga Rp10.000—Rp20.000. Misalnya, bila ukuran apartemen 50m2, maka iuran yang harus dibayarkan senilai Rp500.000.

Beda halnya dengan sinking fund. Iuran ini merupakan dana yang dikeluarkan penghuni untuk membiayai fasilitas penunjang di luar biaya perawatan dan pemeliharaan gedung, misalnya biaya pergantian alat tertentu, biaya perawatan mesin (li? atau genset), atau biaya perbaikan-perbaikan besar lainnya. Besaran biaya ini umumnya ditentukan berdasarkan kesepatakan bersama para pemilik unit dan bersifat transparan. Lalu bagaimana bila terjadi gempa bumi atau kebakaran?

Kpa Sudah Dilengkapi Asuransi

Eddy Ganefo, Ketua Asosiasi Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia, mengungkapkan pada saat ini hampir seluruh apartemen yang dibeli melalui sistem pembayaran KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) sudah dilengkapi dengan jaminan asuransi.

Asuransi tersebut meliputi, perlindungan kebakaran, gempa bumi, huru-hara, banjir, terpaan topan, dan dampak force majeure lainnya suatu kejadian di luar kemampuan manusia, misalnya bencana alam. Sementara itu, untuk kasus kebakaran, pemerintah telah mengeluarkan peraturan yang mewajibkan PPA untuk mengasuransikan bangunan apartemen dari bahaya kebakaran. Ketentuan tersebut dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah No. 4 Pasal 70 tahun 1998.

Dalam hal ini, setiap penghuni diwajibkan untuk membayar iuran setiap bulannya mengingat bangunan apartemen merupakan kepemilikan bersama. Iuran ini masuk ke dalam iuran sinking fund. Jadi, Anda tak perlu lagi was-was saat tinggal di apartemen. Ada pihak berwenang yang ikut bertanggung jawab atas keselamatan bangunan apartemen tempat Anda tinggal.

Apartemen yang berkelas tentunya sudah dilengkapi dengan genset sebagai sumber listrik cadangan. Harga genset yang murah untuk apartemen bisa didapatkan dari Distibutor resmi genset 500 Kva di Balikpapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *